KEGIATAN 1 (KKPI X smt 1)

KEGIATAN I  (KKPI Kelas X Smt 1)

1. Tujuan pembelajaran

Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat   input   komputer   yang   paling   banyak   digunakan,   yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.

2. Organisasi Komputer
Komputer  berasal  dari  bahasa  latin  computare  yang  berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.


  1. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  1. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu: Menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
  1. Sedangan Fuori ; berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  • Input  device  atau  alat  masukan  adalah  perangkat  keras  komputer yang   berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
  • Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
  • Output device   atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses

Keyboard Serial

Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.


Gambar 1.1 bagian-bagian komputer


Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. 
Bila  mendengar  kata  “keyboard”  maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol  untuk  mengetikkan  kalimat  dan simbol-simbol  khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan  tombol jari  atau  papan  tombol.  Pada  keyboard  terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ „  \ | serta tombol-tombol  khusus  lainnya  yang  jumlah  seluruhnya adalah  104 tombol.  Sedangkan  pada  Mesin  ketik jumlah  tombolnya adalah  52 tombol.  Bentuk  keyboard  umumnya  persegi  panjang,  tetapi saat  ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin  ketik  listrik. Nah,  keyboard  mempunyai  kesamaan bentuk dan fungsi dengan  mesin  ketik. Perbedaannya  terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.  Seperti  juga “mouse”,  keyboard  dihubungkan  ke  komputerdengan  sebuah  kabel  yang terdapat  pada  keyboard. Ujung  kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

1. Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

         


Gambar 1.3
Port pada keyboard serial


2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengancermat,  sebab  port    yang dimiliki  sama dengan port untuk mouse.





 Gambar 1.4
 Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard


3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau Bluetooth. Untuk  menghubungkan  keyboard dengan  komputer,  dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.








Gambar 1.5
Keyboart dan Mouse Wireless

4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini  sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.



Gambar 1.6 
USB Port

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetoot Untuk  menghubungkan  keyboard dengan  komputer,  dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat



Struktur tombol pada keyboard

Dari  sisi  tombol  yang  digunakan,  keyboard  memiliki  perkembangan yang tidak       terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan –     penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4,  yaitu:

1. Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.

Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Numeric Keypad

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur   angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang  termasuk  dalam  kategori  ini  adalah  4  tombol  bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).










 DAFTAR PUSTAKA

 M. Situmeang, Drs, Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
www.ilmukomputer.com
www.whatis.com
www.howstuffworks.com