KEGIATAN 3 (KKPI X smt 2)

KEGIATAN PEMELAJARAN 3 KKPI X smt I

A.  Tujuan Pemelajaran
1.      Mempersiapkan pra penyalaan komputer
2.  Menyalakan komputer dan mengamati proses aktivitas booting sistem hingga selesai
3.      Mengoperasikan PC
4.      Mematikan komputer dan mengamati proses deaktivasi komputer sistem hingga selesai


B.  MENJALANKAN KOMPUTER
Mempersiapkan penyalaan komputer
Hal pertama didalam menjalankan sistem komputer ini adalah sebagai berikut :
1. Pastikan   perangkat-perangkat   seperti   keyboard,   mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply.
2. Pastikan apakah PC telah terinstal Sistem operasi didalamnya. Setelah mempersiapkan segalanya, maka perhatikan langkah- langkah dibawah ini :

C.  Menyalakan komputer
Langkah-langkah menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut :
1.  Menekan  tombol  power  kemudian  diikuti  dengan  
2.      menekan tombol monitorPastikan     gambar     tampilan POST (Power On Self Test) muncul di layar.
3.      Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul
NB : Apabila Sistem menampilkan dialog box yang menghendaki untuk menekan tombol Ctrl + Alt + Del  secara bersamaan, maka lakukan
Tips :  Lakukan secara bertahap dengan menekan terlebih dahulu dengan menahan Tombol Ctrl, lalu Alt, dan  Del.
4.      Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul.

D.  Mengoperasikan PC
Bila dilihat dari tampilan Sistem Operasi terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk membuka suatu aplikasi. Untuk itu mari perhatikan penjelasan dibawah ini :
1.  Menggunakan Start Menu
Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak dibawah sudut kiri desktop. Untuk menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu  kali  hingga  muncul  menu  kemudian  arahkan  pointer  ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka. Perhatikan gambar berikut : Sebagai latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer, klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet Explorer. Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu  yang diinginkan.

Tips : Bila keyboard tidak dilengkapi dengan tombol start, maka lakukan kombinasi tombol CTRL + ESC
2.  Mengenal Taskbar
Terdapat di bagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi, berguna  untuk  menjalankan  aplikasi,  dan  mengalihkan  antar program aplikasi yang aktif.
3.  Menggunakan mouse
-    Clik (Klik) dengan cara menekan tombol  mouse  satu  kali  dengancepat.
-    Klik   kanan   dengan   cara   menekan tombol  mouse  di  tombol  sebelah kanan  pada  mouse  penggunaannya sama dengan klik kiri.
Tips :
Klik kanan dipergunakan untuk menampilkan menu Shortcut atau menu sederhana yang terdapat pada desktop, aplikasi, ikon dan taskbar.
-   Double Click (Klik ganda / klik dua kali) yaitu menekan tombol mouse dua kali tanpa menggeser mouse.
-   Drag  and  Drop  (Menggeser dan  meletakkan)  yaitu menekan tombol mouse pada ikon tanpa melepas tombol mouse kemudian menggeser mouse tersebut dan meletakkan pada posisi yang diinginkan kemudian dilepaskan.Sebagai latihan : bukalah salah satu aplikasi permainan sebagai  contoh  solitaire  yang  terdapat  pada  aplikasi Sistem Operasi Windows. Klik Start kemudian Program > Games > Solitaire. Perhatikan permainan tersebut dan cobalah untuk berinteraksi dengan permainan tersebut dengan mempergunakan mouse. Seperti drag dan drop maupun klik kiri dan klik kanan.
4.  Keyboard
Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti  susunan  huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi  lainnya  seperti tombol Esc, F1,…,F12, . Perhatikan gambar ini yang merupakan   bagan   papan
ketik (keyboard) komputer.
Sebagai latihan : ketik nama anda dan alamat anda berulang kali untuk memahami urutan dan tombol huruf yang ada pada keyboard.

E.  Mematikan Komputer (Shut Down)
Apakah fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me-non  fungsikan  sistem  operasi  dan  perangkat  keras  lainnya dalam keadaan mati (off). Untuk itu perhatikan langkah-langkah shutdown     yaitu     sebagai berikut :
1.  klik start menu lalu klik Shut Down.
2.  Setelah mengklik Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil dan langkah selanjutnya klik Ok, Setelah  Shut  Down  aktif  maka  selanjutnya  windows  akan menampilkan jendela Log off seperti berikut :

F.  Restart Komputer
Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup tetapi sistem akan berjalan dari awal.  Langkah-langkahnya  sama  seperti  pada  Shut  Down,  dan menu yang dipilih adalah Restart, lalu klik Ok.
Tips (Untuk Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000)

G.  Log Off Komputer
Fungsi ini berguna untuk mengganti nama pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka oleh pengguna lain.

H.  Stand By Komputer
Fungsi ini berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan sebagainya.

I.  Hibernate Komputer
Fungsi ini bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.



LATIHAN
1.      Sebutkan langkah-langkah untuk menyalakan komputer
2.      Apakah  yang  muncul  pertama  sekali  muncul  di  layar  pada  saat menyalakan komputer
3.      Jelaskan mematikan komputer secara benar.
4.      Jelaskan cara melakukan drag and drop.
5.      Jelaskan merestart komputer secara benar.